.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

Rabu, 02 November 2016

Gunakan 3 Cara Ini Untuk Mengatasi Wc Mampet

Atasi WC Mampet

Gunakan 3 Cara Ini Untuk Mengatasi WC Mampet - Banyak sekali upaya yang di lakukan setiap orang demi untuk mengatasi problem seperti ini. Keberhasilan sangat tergantung pada seberapa berat tingkat penyumbatan. Namun tidak ada salahnya juga untuk memulai suatu tindakan signifikan agar tidak terlanjur. Suatu langkah yang bagus karena Anda sadar akan betapa pentinya saluran WC.

Cara Mengatasi Wc Mampet

Sebetulnya banyak metode perawatan yang bisa Anda terap secara rutin untuk meminimalisir terjadinya penyumbatan. Perlu Anda ingat bahwa sumbatan tetap bisa saja terjadi karena kita tidak tahu kondisi saluran pembuatan di dalam tanah seperti apa. Ya setidaknya Anda sudah melakukan tindakan yang tepat untuk menghindari kejadian itu terjadi. Siapa tahu dengan cara perawatan rutin akan membuat saluran wc selalu lancar. Tentu itulah yang menjadi tujuan utama dari apa yang Anda lakukan tersebut.

Ada yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum mengenali problem saluran wc mampet. Berikut ini informasi yang sangat penting dan perlu Anda pelajari.

Kontruksi instalasi Saluran Pembuangan WC

Apa yang penting dari sebuah konstruksi saluran WC? Saya rasa sangat penting karena di sini faktor utama yang akan menentukan kencangnya aliran limbah yang nantinya masuk ke dalam tempat penampungan yang disebut dengan septic tank

 Point Pertama, Jarak Septic tank dengan WC.

Semakin dekat saluran pipa pembuangan dengan septic tank maka semakin kecil tingkat terjadinya problem. Selain itu, jika tertersumbat tidak akan sulit untuk di perbaiki. Minimnya belokan pada pipa akan membuat aliran limbah sangat lancar di bandingkan dengan jarak septic tank terlalu jauh.

Point Kedua, Jenis Pipa PVC.

Gunakan pipa pvc dengan kualitas terbaik karena bila Anda menggunakan pipa dengan kualitas rendah akan rentan pecah dan rapuh. Menggunakan pipa besi bukan solusi terbaik. Jenis pipa yang mudah berkarat akan lebih beresiko sebab kotoran mudah menempel di dinding saluran. Untuk ukuran pipa yang digunakan sebaiknya berukuran minimal 3 inch/3 D.

Point Ketiga,Yang Terakhir Adalah Pembuatan Instalasi Saluran

Ini yang paling utama dari segala aspek yang sudah saya jelas sebelumnya. Pembuatan saluran tidak di perbolehkan sembarangan karena ini salah satu benda yang diharapkan tidak dilakukan pembongkaran. Apabila pembuatan tidak di lakukan dengan benar maka jangan salah jika suatu saat terjadi penyumbatan perlu di bongkar. Tentu Anda tidak ingin kejadian ini terjadi.

Yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan saluran adalah

  1. Kemiringan peletakan pipa pvc minimal antara 10 - 15 cm. Ini sangat mempengaruhi dersnya laju air menuju ke tempat pembuangan.
  2. Berilah lubang pada tutup septic tank yang nantinya berfungsi untuk mengecek debit limbah dalam tampungan dan untuk lubang penyedotan. 
  3. Buat bak kontrol pada pertengahan saluran guna memudahkan jika suau saat terjadi problem.

mengatasi wc mampet
gambar bak kontrol untuk saluran WC


 Sekarang inti dari pembahasan bagaimana cra mengatasi ketika WC mampet akan kita bahas satu-persatu.

Cara ini mungkin bisa Anda lakukan sendiri namun tidak begitu menjamin 100% berhasil. Sepenuhnya kembali kepada problem tersebut masuk dalam kategori ringan ataupun berat. Semoga saja dengan metode ini penyumbatan dapat segera teratasi.

Berikut ini 3 cara mengatasi Wc mampet

  • Cobalah dengan menggunakan alat PLUNGER. Anda bisa simak bagaimana cara menggunakan plunger untuk mengatasi saluran mampet
  •  Bukalah tutup/lubang septic tank seperti yang sudah saya sebutkan tadi dan lihat apakah penuh atau belum. Jika sudah penuh berarti letak permasalahan disebabkan karena septic tank penuh bukan karena tersumbat oleh benda apapun.
  • Cobalah siram menggunakan larutan air panas dengan baking soda pada jam tidur. Pagi harinya siramlah air sebanyak mungkin. 
 Cukup itu saja informasi yang bisa saya berikan untuk Anda selamat mencoba dan semoga berhasil. Tidak ada keberhasilan tanpa usaha yang keras. Tidak akan ada problem bila kita peduli. Tetap jaga kebersihan di sekitar WC Anda  jangan samapai Anda menyesal di kemudian hari.